Jumat, 19 Agustus 2016

Bab Marfuatil Asama

Bab Marfuatil Asama
Bab Marfuatil Asama adalah bagian bab yang menjelaskan posisi kalimat isim yang harus rafa dalam irabnya didalam bahasa Arab.

Ada 7 istilah untuk posisi isim ketika rafa yaitu: fa'il, naibul-fa'il, mubtada, khobar, isim kana, khobar inna dan tawabi'. Tawabi' ada 4 macam yang terdiri dari; na'at, taukid, 'athaf dan badal.

1. Fa'il adalah isim yang berposisi setelah fi'il atau kata kerja. Secara makna fa'il ini adalah pelaku dari suatu pekerjaan/perbuatan. Mngenai fa'il ini akan dijelaskan pada bab tersendiri pada posting selanjutnya.

2. Naibul Fa'il bila dilihat dari posisinya ini hampir sama dengan fa'il. Namun, naibul-fa'il ini awalnya merupakan maf'ul yang kemudian ditempatkan pada posisi fa'il. Tujuan dari adanya naibul-fa'il ini adalah untuk membuat ungkapan dalam bentuk kalimat fasif.

3. Mubtada adalah setiap isim yang ditempatkan diawal ungkapan dalam bahasa Arab. Mubtada ini sama dengan subjek yang harus dilengkapi dengan predikat.

4. Khobar merupakan pelengkap untuk Mubtada dan bisa disebut sebagai predikat yang menjelaskan keadaan kata yang berposisi sebagai mubtada. Khobar dalam penggunaannya harus selalu disesuaikan dengan bentuk kata yang ada pada mubtada. Apabila Mubtada mudzakar maka khobarpun harus mudzakar. Apabila mubada mu`annats maka khobarpun harus mu`annats dan seterusnya.

5. Isim Kana adalah kata yang beposisi setelah kata ( كان ) dan posisi awalnya sebelum didahului kana adalah sebagai mubtada.

6. Khobar Inna awalnya adalah khobar dari mubtada. Hanya ketika di masuki inna ( ان ) maka istilahnya berubah menjadi khobar Inna.

7. Tawabi' merupakan posisi kata untuk memaksimalkan makna dari setiap ungkapan. Tawabi' ini bisa berupa sifat yang disebut na'at, bisa sebagai penguat yang disebut taukid.

Itulah tema-tema yang akan menjadi bahasan dalam posting blog ini pada waktu yang akan datang. Namun, pada tulisan lanjutan nanti kita akan fokus pada pembahasan istilah-istilah dalam ilmu nahwu. 

Bahasan lengkap yang disertai contoh dan tehnik mempraktekannya akan disajikan dalam bentuk video yang di uplod di chanel A Burhanudin

Semoga memberikan manfaat.


Artikel Terkait

Belajar bahasa Arab untuk pemula hadir untuk membantu memudahkan semua orang dalam mendapatkan referensi mengenai hal yang berhubungan dengan bahasa Arab terkait tata bahasa dan lain-lain
EmoticonEmoticon