Kamis, 25 Agustus 2016

Metode Mengajar Bahasa Arab

Tags

Metode mengajar bahasa Arab adalah salah satu hal yang harus dan sangat wajib dipahami oleh para guru agar dapat menciptakan proses dan hasil belajar yang maksimal bagi anak didik.

Metode merupakan gabungan dari cara dan tehnik pelaksanaan dari sebuah rencana kegiatan dan dalam hal ini adalah kegiatan mengajar guru dan belajar anak didik.

Pelajaran bahasa Arab adalah pelajaran yang memiliki banyak kerumitan didalamnya dan selalu berhadapan dengan kemampuan dasar anak terutama yang berkaitan dengan kemampuan baca tulis anak. Kemudian yang menjadi tantangannya adalah ketika harus menciptakan sebuah keyakinan pada anak didik terkait kemudahan mempelajari bahasa Arab ini.

Untuk menggunakan metode mengajar bahasa Arab dengan tepat sesuai prinsip-prinsipnya, maka para guru harus telaten merekam setiap hal yang terjadi disetiap proses mengajar berlangsung. Hal ini akan sangat membantu dalam menyiapkan strategi mengajar pada pertemuan ajar selanjutnya. Sehingga setiap metode yang dipakai dalam pembelajaran ini semakin berkembang dan menjadi dinamis dalam berbagai suasana.
Metode Mengajar Bahasa Arab
Ada hal yang paling penting bagi para guru selain tidak berhenti dalam memilah setiap metode mengajar bahasa Arab ini, yaitu penguasaan materi dari setiap bagian bab yang akan disampaikan dalam sebuh prose belajar. Materi pelajaran yang tidak dikuasai akan menyamarkan jawaban terkait metode apa yang harus dipakai dalam pengajaran? dan inilah yang akan mengacaukan arah dari proses belajar dan mengajar.
Kemudian yang tidak kalah pentingnya dalam mengembangkan metode mengajar bahasa Arab ini adalah supaya guru tidak berhenti untuk melakukan tinjauan terhadap karakteristik anak didik yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga penggunaan metode dalam proses pembelajaran harus ditentukan dengan tepat agar kemampuan anak selalu terjaga dengan seimbang dan tidak mengalami kemunduran.

Hal-hal yang harus menjadi fokus perhatian guru diluar jam mengajar adalah: 
  • Menyusun administrasi pembelajaran dengan maksimal. 
  • Melakukan pengkajian terhadap materi pelajaran yang akan diajarkan dengan matang. 
  • Menentukan tingkatan pencapaian anak didik secara kelompok kemampuan dan kemampuan rata-rata secara menyeluruh. 
  • Melakukan peninjauan kembali pada hasil belajar anak yang telah dilakukan dan tujuannya adalah untuk mempersiapkan strategia mengajar dan menentukan metode apa yang sebaiknya dipakai dalam proses pembelajan selanjutnya.

Dengan melakukan empat langkah diatas, berdasarkan pada pengalaman penulis posting ini, akan memberikan kemudahan dalam melakukan proses pengajaran serta dapat membukakan gagasan-gagasan baru dalam mengembangkan serta menciptakan metode yang tepat dalam mengajar bahasa Arab hususnya.

Semoga curhatan ini akan sangat bermanfaat bagi rekan guru yang masih kebingungan dalam menentukan metode mengajar bahasa Arab ini. Terutama bagi guru pemula seperti saya. Syukran!

Artikel Terkait

Belajar bahasa Arab untuk pemula hadir untuk membantu memudahkan semua orang dalam mendapatkan referensi mengenai hal yang berhubungan dengan bahasa Arab terkait tata bahasa dan lain-lain
EmoticonEmoticon