Selasa, 25 Oktober 2016

Cara Menerapkan Kata Ganti Milik Pada Kalimah Isim - ضمير متصل بالأسماء

Cara Menerapkan Kata Ganti Milik Pada Kalimat Isim - ضمير متصل بالأسماء merupakan penjelasan mengenai cara mempraktekan kata ganti yang dihubungkan pada akhir kata/kalimah untuk menyatakan kepemilikan atas sesuatu. Isim dlomir merupakan salah satu jenis kata yang hukumnya adalah mabni.

Sebagai penjelasan singkat mengenai isim dlomir, bahwa isim dlomir ini terbagi atas 2 bagian; pertama isim dlomir munfashil atau kata ganti terpisah dan kedua isim dlomir muttashil atau kata ganti yang dihubungkan pada akhir sebuah kata.

Isim dlomir yang muttashil ini ada yang muttashil pada isim, fi'il dan harf. Pada saat ini kita akan fokus memahami isim dlomir yang muttashil/dihubungkan pada akhir kalimah isim.

Pembahasan ini merupakan hal paling mendasar yang wajib dipahami dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab yang baik dan tepat.

Cara Menerapkan Kata Ganti Milik Pada Kalimat Isim yang tepat

Istilah penting

  1. Isim dlomir adalah kata ganti, baik kata ganti untuk orang maupun selain itu.
  2. Dlomir Munfashil adalah kata ganti yang dalam penggunaannya tidak dhubungkan atau digabungkan dengan kalimat lain dalam arti dia berdiri sendiri
  3. Dlomir Muttashil adalah kata ganti yang dalam mempraktekannya harus digabungkan pada akhir kalimah. Baik kalimah fi'il maupun kalimah isim atau haraf.

Lafad-lafad dlomir munfashil adalah هو، هي، أنتَ، أنتِ، أنَا، نحن، هما، هم، هنَّ، أنتما، أنتم، أنتنَّ itulah lafad isim dlomir munfashil yang wajib dikenali dan dipahami. Kemudian apabila dlomir tersebut di gabungkan pada akhir kalimah isim, maka semuanya akan berubah. Perhatikan tabel berikut!
الترجمة أمثلة ضمير متصل ضمير منفصل
Buku-nya (L) كِتَابُهُ ه هو
Buku-nya (P) كتابُهَا ها هي
Buku-mu (L) كِتَابُكَ كَ أنْتَ
Buku-mu (P) كِتَابُكِ كِ أنْتِ
Buku-ku كِتَابِيْ ـِ يْ أنَا
Buku-kami كِتَابُنَا نَا نَحْنُ
Dari tabel diatas bisa dipahami bagai mana dlomir munfashil ketika diubah menjadi muttashil pada kalimah isim. 

Baca juga: 

Kemudian untuk bentuk mutsanna dan jamak bisa dilihat pada tabel dibawah ini;
الترجمة أمثلة ضمير متصل ضمير منفصل
Buku mereka ber-2 (L/P) كِتَابُهُمَا هما هُمَا
Buku mereka (L) كتابُهُمْ هم هُمْ
Buku mereka (P) كِتَابُهُنَّ هنَّ هُنَّ
Buku kalian ber-2 (L/P) كِتَابُكُمَا كُمَا أنْتُمَا
Buku kalian (L) كِتَابُكُمْ كُم أنَتُمْ
Buku kalian (P) كِتَابُكُنَّ كُنَّ أنْتُنَّ
Dari gambaran dua tabel diatas mengenai cara menerapkan kata ganti milik pada kalimah isim bisa juga kamu berlatih dengan menggunakan kata yang lain. Misalnya; قَلَمٌ، بَيْتٌ، فَصْلٌ  dan lain-lain. Namun harus dijadikan catatan juga apabila kalimah isimnya memiliki ta marbuthah pada akhir katanya, seperti مِرْسَمَةٌ  maka ketika akan dihubungkan dengan dlomir muttashil huruf ta ditulis dengan ta biasa, seperti; مِرْسَمَتُكَ dan sebagainya.

Untuk semakin memahami tehnik penerapan dlomir muttashil ini, yang paling penting adalah melakukan latihan dengan istiqomah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Belajar bahasa Arab untuk pemula hadir untuk membantu memudahkan semua orang dalam mendapatkan referensi mengenai hal yang berhubungan dengan bahasa Arab terkait tata bahasa dan lain-lain
EmoticonEmoticon