Senin, 22 Agustus 2016

Naibul Fail - المفعول الذى لم يسمى فاعله

Naibul Fail adalah al-maf'ul alladzi lam yusamma fa'iluhu. Naibul fail merupakan isim yang rofa' dan sebelum menjadi naibul fail posisi sebenarnya adalah maf'ul bih. Oleh karena itu didalam kitab jurumiyyah disebut sebagai maf'ul yang tidak disebut fa'ilnya.

Naibul Fail
Naibul fail merupakan salah satu bagian dari isim yang disebutkan pada bab marfuatil asma

Naibul fail dipungsikan untuk membuat pernyataan atau ungkapan dalam bentuk kalimat fasif.

Untuk membuat ungkapan yang melibatkan naibul fa'il didalamnya, maka harus merubah dulu pola fi'ilnya kedalam bentuk mabni majhul.

Tipe dari pola fi'il ini ada dua macam, yaitu; mabniyyun lilfa'il dan mabniyyun lilmaf'ul. masing-masing dari keduanya pun memiliki istilah tersendiri yaitu mabni ma'lum untuk yang pertama dan mabni bajhul untuk yang kedua.

Yang menjadi pokok tipe pola fi'il ini adalah mabni ma'lum. Namun ketika terjadi kebutuhan untuk mengemukakan ungkapan dalam bentuk fasif maka mabni ma'lum ini harus di ubah ke dalam mabni majhul.

Cara merubah mabni ma'lum ke mabni majhul dari fi'il madli
  • Merubah syakal huruf awal dengan dlomah 
  • Merubah syakal huruf sebelum akhir dengan kasrah 
semisal ضَرَبَ (memukul) menjadi ضُرِبَ  (dipukul)
  • Apabila fi'ilnya merupakan ruba'i atau khumasi atau sudasi, maka yang dihitung itu adalah huruf pokoknya sedangkan huruf tambahan mengikuti kondisi dari huruf pokoknya. 
Misalnya dari kata إِسْتَغْفَرَ  (memohon ampunan) menjadi أُسْتُغْفِرَ (dimohon ampunan)
Cara merubah mabni ma'lum ke mabni majhul dari fi'il mudlari
  • Merubah syakal huruf awal dengan dlomah
  • Merubah syakal huruf sebelum akhir dengan fathah
Misal يَضْرِبُ (sedang memukul) menjadi يُضْرَبُ (sedang dipukul)
Seperti halnya dalam bab fail, maka naibul fail pun dibentuk dari dua jenis kata yaitu; isim dzahir dan isim dlomir. Perhatikan ungkapan-ungkapan berikut ini;
فُتِحَ الْبَابُ - يُفْتَحُ الْبَابُ  = pintu itu dibuka
contoh ungkapaan diatas adalah contoh naibul fail dari isim dzahir yaitu الباب, tetapi apabila posisinya di balik maka naibul failnya adalah isim dlomir. Untuk pembahasan lebih lanjut silahkan buka penjelasan naibul fa'il

Artikel Terkait

Belajar bahasa Arab untuk pemula hadir untuk membantu memudahkan semua orang dalam mendapatkan referensi mengenai hal yang berhubungan dengan bahasa Arab terkait tata bahasa dan lain-lain
EmoticonEmoticon