Senin, 24 Oktober 2016

I'rab Isim Tatsniyah - إعراب المثنى

I'rab Isim Tatsniyah - إعراب المثنى akan menjelaskan bagaimana penerapan i'rab pada setiap kata/kalimah dalam bentuk mutsanna. Namun, sebelum memulai hal itu ada baiknya Anda memahami dulu istilah-istilah berikut ini.

I'rab Isim Tatsniyah pada setiap jumlah


Istilah penting

Isim tatsniyyah atau sering juga disebut sebagai Mutsanna adalah setiap kata, baik kata sifat, kata benda atau yang lainnya yang memiliki makna dua. Seperti dalam bahasa Indonesia kita menyebutkan "dua buah buku" maka ungkapan seperti itu dalam bahasa arab akan diungkapkan menggunakan pola Mutsanna atau Isim tatsniyyah.
Sebelum memahami bagai mana cara menerapkan i'rab ke dalam isim tatsniyah, maka terlebih dahulu akan kami jelaskan cara mengubah atau membentuk isim tatsniyyah.

Isim tatsniyya dibentuk dari isim mufrad yang ditambahkan alif dan nun pada akhir kata yang mufrad atau dengan menambahkan ya dan nun. Perhatikan!
المثنى المنصوب أو المجرور   المثنى المرفوع الإسم المفرد
كتابَيْنِ كتابان كِتَابٌ
مسجدَيْنِ مسجدان مسجد
جَمِيْلَيْنِ جَمِيْلَانِ جَمِيْلٌ
Dengan gambaran pada tabel diatas, maka sudah bisa di pahami bahwa mutsanna dalam keadaan rafa' ditandai dengan alif dan nun sementara dalam keadaan nasab dan khofad ditandai dengan ya dan nun. Dan untuk lebih memahami bahasan ini sebaiknya baca dulu bab mengenal tanda-tanda i'rab

Sekarang kita praktekan mutsanna ini ke dalam jumlah. Perhatikan!
الكتابان على المكتب
الكتابان berposisi sebagai mubtada, setiap mubtada hukum i'rabnya adalah rafa', tanda rafa'nya adalah alif, karena mutsanna. 

ِإشْتَرَيْتُ الكتابَيْن
الكتابين berposisi sebagai maf'ul bih, hukum i'rab maf'ul bih harus nasab, karena الكتابين adalah mutsanna, maka ditandai i'rab nasabnya dengan ya.

القَلَمُ بَيْنَ الكِتَابَيْنِ
الكِتَابَيْنِ pada contoh ini berposisi sebagai mudlofun ilaih, salah satu syarat mudlofun ilaih adalah wajib majrur dan karena الكِتَابَيْنِ adalah mutsanna, maka ditandai majrurnya dengan ya.

Huruf nun yang ada di akhir kata adalah pengganti dari tanwin yang ada pada isim mufrad.

Kesimpulan

Mutsanna/tatsniyyah adalah kata yang dibentuk dari isim mufrad dengan ditambahkan alif nun pada akhir kata ketika berada pada posisi marfu' serta ditambahkan ya nun pada akhir kata ketika berada pada posisi manshub dan majrur

Artikel Terkait

Belajar bahasa Arab untuk pemula hadir untuk membantu memudahkan semua orang dalam mendapatkan referensi mengenai hal yang berhubungan dengan bahasa Arab terkait tata bahasa dan lain-lain
EmoticonEmoticon